Secara resmi berdiri tahun 1995 pada awal Rm P. Suradibrata SJ yang bertugas sebagai Pastor Kepala Paroki,dengan membeli seperangkat gamelan besi pelog slendro komplit milik perkumpulan kesenian Sobo - Karti.

Animo umat Paroki terutama bapak - bapak pada saat itu sangat besar untuk ikut bergabung dalam kesenian karawitan ini dan dalam waktu yang singkat Paguyuban ini kemudian diberi nama Paguyuban Kerawitan “ Ronggo Laras “ dan sebagai ketua pada waktu itu Bapak Beja Haryanto (almarhum) dan pelatih Bapak FX. Rudjito dan Bapak L Sukadi (alm).

Tahun 1998, jabatan Ketua dipimpin oleh Bapak Emanuel Sarwana yang semakin hari perkembangan paguyuban ini semakin maju dengan mengadakan latihan rutin tiap hari Selasa dan Kamis.

Tahun 2002 atas gagasan Sr Chrisentin pendiri Paguyuban Becak Ronggo mengajak anggota paguyuban ini untuk berlatih dan sebagai ketuanya Bapak Bejo Suwarno (alm), Paguyuban ini mulai surut lagi setelah Bapak Bejo Suwarno dan Bapak L Sukadi meninggal dunia dan karena kesibukan Bapak FX. Rudjito paguyuban ini hanya berlatih jika ada kegiatan ataupun even besar, Saat ini Paguyuban Ronggo Laras diketuai oleh Bapak Y. Slamet Sukamto. [Profil 2013]